30 Tahun Melayani Negeri

Perusahaan Satelit Swasta Pertama di Indonesia

psn
Sekilas mengenai PSN

PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) merupakan operator dan perusahaan yang bergerak dibidang informasi dan telekomunikasi satelit. Berawal dari usaha penyediaan transponder satelit, kini PSN tumbuh menjadi penyedia layanan informasi dan komunikasi berbasis satelit.

PSN memberikan layanan komunikasi bergerak berbasis satelit melalui BYRU dan PASTI, dan juga juga layanan komunikasi data melalui satelit kepada industri perbankan, perkebunan, dan industri lainnya, baik dengan sistem VSAT IP maupun SCPC.

PT. Pasifik Satelit Nusantara tercatat sebagai perusahaan satelit swasta pertama dan salah satu dari 5 operator satelit di Indonesia, serta menjadi pelopor inovasi Mobile VSAT (MVSAT) yang merupakan sistem antena VSAT bergerak dengan teknologi Auto Pointing pertama buatan bangsa Indonesia.

Dewan Direksi

Profil Dewan Direksi PT. Pasifik Satelit Nusantara

ARA

Adi Rahman Adiwoso

Direktur Utama

Adi Rahman Adiwoso

Lahir di Yogyakarta pada tanggal 26 Juli 1953.

Meraih gelar Sarjana Sains bidang Teknik Aeronautika dan Astronautika dari Purdue University, Amerika Serikat (1974) dan gelar Master Sains bidang Teknik Aeronautika dan Astronautika dari California Institute of Technology, Amerika Serikat (1976).

Menjabat sebagai Direktur Utama PSN sejak tahun 1991. Sebelumnya, pernah menjabat sebagai Direktur PT Satelindo (1993-1995), Direktur Asia Pacific Satellite Corporation (1985-1991), Direktur PT Rajasa Hasanah Perkasa (1987-1989), dan pendiri PT Rasikomp Nusantara (1982- 1987).

Selain itu, pernah bertugas sebagai Ketua Indonesian Institute of Corporate Governance (1999-2008).

Mendapatkan penghargaan medali “Satyalancana Pembangunan” dari Presiden RI di bulan September 2016. Juga dianugerahi “Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup” dari Dewan Komunikasi Satelit Asia Pasifik (APSCC) pada bulan Oktober 2018.

DIW

Dani Indra Widjanarko

Direktur Sistem Satelit

Dani Indra Widjanarko

Lahir di Surabaya pada tanggal 10 Desember 1965.

Memperoleh gelar Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Diponegoro (1990) dan gelar Magister Telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (2002).

Menjabat sebagai Direktur PSN sejak tahun 2013. Sebelumnya juga memangku berbagai jabatan strategis di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, termasuk sebagai Assistant to the Manager of Quality Assurance in Planning and Development of Network Division, Bandung (2002), Assistant to the Manager of Application and Procedure Planning in TMN of Network Division, Bandung (2002-2003), Senior O cer of Payload System at T2 Satellite Project of Long Distance Division, Jakarta (2003-2004), Operation and Maintenance Manager in Satellite Sub-Division di Infratel, Cibinong (2004-2007), dan General Manager in Satellite Sub-Division di Infratel, Cibinong (2007-2013).

RA

Ravi Talwar

Direktur Keuangan

Ravi Talwar

Lahir di India pada tanggal 10 Desember 1972.

Meraih gelar Bachelor of Commerce dari Gujarat University, India (1993). Memiliki kualifikasi sebagai Chartered Accountant, Cost & Works Accountant, serta Sekretaris Perusahaan dan saat ini menjadi kandidat CFA level III.

Menjabat sebagai Direktur PSN sejak 2014.  Dengan pengalaman selama lebih dari 19 tahun dalam bidang Keuangan Korporasi, Perencanaan Keuangan dan Strategis, Pengembangan Bisnis, BPR, Finance and Accounts, Perencanaan Pajak, Manajemen Proyek, serta Desain dan Implementasi ERP. Pengalaman karier beliau sebelumnya mencakup berbagai industri, seperti teknologi informasi, energi, agrobisnis, dan pakaian.

AS

Anggarini Surjaatmadja

Direktur Strategi dan Korporasi

Anggarini Surjaatmadja

ABT

Agus Budi Tjahjono

Direktur Niaga dan Pengembangan Bisnis

Agus Budi Tjahjono

HD

Heru Dwikartono

Direktur Operasional Jaringan Segmen Bumi

Heru Dwikartono

Dewan Komisaris

Dewan Komisaris PT. Pasifik Satelit Nusantara

ER
Erry Riyana H.

Komisaris Utama

Erry Riyana Hardjapamekas

RA
Rian Alisjahbana

Komisaris

Rian Alisjahbana

RM
Raniwati Malik

Komisaris

Raniwati Malik

HH
Herawan H.

Komisaris

Herawan Hadidjaja

EKN
Era Kamali N.

Komisaris

Era Kamali Nasution