ISO PT. PASIFIK SATELIT NUSANTARA

ISO (International Organization for Standardization)

4 Sertifikasi ISO PT. PASIFIK NUSANTARA

ISO 9001

ISO 9001 merupakan sistem manajemen yang memiliki karakteristik pendekatan proses untuk memperbaiki efektivitas manajemen mutu di suatu perusahaan. Sementara itu, sistem manajemen mutu itu sendiri adalah kemampuan suatu perusahaan atau penyedia jasa dalam menjaga kualitas mutu dari produk maupun jasa yang dijualnya

ISO/IEC 27001​

Merupakan suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). Menerapkan standar ISO 27001 akan membantu organisasi atau perusahaan dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS).

ISMS merupakan seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi dan untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi.

ISO 45001​

Merupakan sebuah standar insternasional yg mengatur tentang kesehatan dan keselamatan kerja atau K3 di lingkungan organisasi atau instansi. Penerapan standar ini nantinya akan membuat organisasi atau instansi dapat melaksanakan dan mengevaluasi sistem manajemen K3 secara aktif dan mencegah kecelakaan dan dampak kesehatan yang dialami oleh para pekerjanya.

Tidak hanya menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerja saja, ISO 45001 juga memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan kenyamanan pada saat bekerja.

ISO 20000-1 (On Progress)

ISO 20000-1 merupakan bagian pertama dari ISO 20000 yang membahas tentang manajemenlayanan berbasis IT. Standar ini pertama kali dirilis tahun 2005 dan kemudian mengalami revisipada 2011 dan 2018 dan memiliki pembahasan tentang service management system (SMS).

Lingkup pembahasan ISO 20000-1 mencakup berbagai aspek, termasuk di antaranya adalahpembangunan, implementasi, pemeliharaan, serta melakukan peningkatan manajemen layananberbasis IT secara berkala.

Kebijakan Mutu

Penerapan Sistem Manajemen Mutu di PT. Pasifik Satelit Nusantara

Dalam rangka mencapai Visi dan Misi Perusahaan serta meningkatkan nilai Perusahaan yang berdampak positif pada pemangku kepentingan dan mendorong pengembangan dan peningkatan kinerja karyawan, PT. Pasifik Satelit Nusantara telah menerapkan sistem Manajemen Mutu yang mengacu pada Standar Internasional ISO 9001:2015.

  • PT Pasifik Satelit Nusantara adalah penyelenggaraan telekomunikasi & informasi berbasis satelit.
  • Seluruh Manajemen dan staff memiliki komitmen yang kuat untuk senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan terbaik.
  • Setiap jajaran bertanggung jawab dalam penerapan dan pencapaian tujuan kebijakan mutu ini serta pelaksanaan berkesinambungan.
  • Manajemen PSN meninjau kebijakan mutu pada interval yang direncanakan untuk memastikan kesesuaian dalam penerapan dan pencapaian kebijakan mutu.

Kebijakan Keamanan Informasi

  • PT Pasifik Satelit Nusantara adalah penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi dan informasi berbasis satelit.
  • Seluruh Manajemen dan staff memiliki komitmen yang kuat untuk senantiasa meningkatkan keamanan infomasi melalui sistem.
  • Setiap jajaran bertanggung jawab dalam penerapan dan pencapaian tujuan kebijakan keamanan informasi ini serta pelaksanaan perbaikan yang berkesinambungan.
  • Manajemen PSN meninjau kebijakan keamanan informasi pada interval yang direncanakan untuk memastikan kesesuaian dalam penerapan dan pencapaian kebijakan keamanan informasi.

Kebijakan K3

Sudah menjadi kebijaksanaan perusahaan agar setiap karyawan mendapat tempat yang aman dan sehat untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari. Pada prinsipnya semua pihak harus berupaya serta mengambil langkah-langkah positif sehingga seluruh karyawan terjamin dalam bekerja dengan aman dan sehat.

PSN selalu menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang bertujuan mempertahankan zero accident dalam semua praktik kerjanya. PSN yakin keselamatan yang baik akan menghasilkan bisnis yang baik juga.

Secara garis besar, kebijakan ini adalah :

  • Meningkatkan kesadaran dan memberikan pengertian bahwa kecelakaan itu dapat dicegah.
  • Memberikan pemahaman bahwa target utama kita adalah zero accident terhadap resiko dari beban kerja berlebih, sumber listrik, petir, transportasi, ergonomi, lingkungan kerja, dan binatang melata.
  • Mengutamakan keselamatan karyawan dan publik di atas peralatan-peralatan milik perusahaan.
  • Menjamin semua karyawan telah mengetahui dan dilatih untuk melaksanakan pekerjaannya secara produktif, cara yang aman, melalui pelatihan yang benar, instruksi pekerjaan yang tepat, dan instruksi pemakaian peralatan yang tepat melalui pengawasan yang tepat terhadap semua karyawan.
  • Menyediakan fasilitas, peralatan, perlengkapan keselamatan kerja yang layak dan memadai serta menjamin akan digunakan secara tepat.
  • Menyediakan jalan masuk ke lokasi kerja yang aman dan penerangan yang cukup.
  • Memastikan bahwa yang diminta dan direkomendasikan dalam kebijakan HSE telah diikuti.
  • Meningkatkan perlindungan dan pelestarian lingkungan dalam segala aktifitas dan meminimumkan kerusakan yang mungkin terjadi akibat aktifitas tersebut.
  • Memenuhi semua peraturan dan persyaratan K3 yang berlaku.
  • Memastikan berjalannya sistem manajemen K3 dan melaksanakan perbaikan berkelanjutan terhadap sistem manajemen K3
  • Semua karyawan dan kontraktor/subkontraktor harus sudah mengetahui akan tanggung jawabnya masing-masing, termasuk peduli akan keselamatan, kesehatan, dan lingkungan kerjanya masing-masing sehubungan dengan kebijakan di atas.

Manajemen Layanan IT

Standar ISO 200001 termasuk salah satu kebutuhan penting bagi perusahaan yang menjalankanbisnis di sektor IT. Kepemilikannya bakal memberikan berbagai manfaat, termasuk di antaranyaadalah:

1. Kredibilitas Merek

Kelebihan pertama yang bisa Anda peroleh dari implementasi standar ISO 20000-1 berkaitan dengan kredibilitas merek. Pelanggan akan menilai perusahaan Anda secara lebih positif berkat penerapan standar internasional ini.

Keberadaannya dapat menjadi sebuah jaminan pelayanan berkualitas di mata para pelanggan. Oleh karena itu, tak heran kalau perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan ekstra yang membantu dalam memenangkan persaingan bisnis.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

ISO 20000-1 membantu perusahaan dalam memilih cara pendekatan komprehensif terkait pemberian layanan IT yang efektif. Anda pun bisa menerapkan kebijakan, prosedur, serta tahapan proses yang tepat untuk mewujudkannya. Hasilnya, Anda dapat menyediakan layanan IT yang memudahkan para pelanggan dalam memanfaatkannya.

Lebih lanjut, penerapan ISO 20000-1 membantu karyawan dalam memahami tugas sertatanggung jawabnya masing-masing. Karyawan pun dapat bekerja secara lebih efektif dan efisiendalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Alhasil, pelanggan bisa mendapatkankepuasan dari layanan perusahaan.

3. Sistem Perbaikan yang Berkelanjutan

Implementasi ISO 20000-1 membantu perusahaan dalam melakukan pendekatan berbasis proses yang berkelanjutan. Cara pendekatan seperti ini memberi manfaat dalam membantumeningkatkan sistem manajemen serta bisnis secara bersamaan.

Sistem perbaikan berkelanjutan merupakan hal penting dalam penggunaan IT dalam bisnis. Apalagi, dunia IT memiliki tingkat perubahan yang sangat cepat. Dengan adanya pemantauandan peninjauan berkala, perusahaan bisa melakukan respons terhadap perubahan tersebutsehingga tidak mengganggu operasional bisnis.