Kunjungan Kerja MenteriKomunikasi dan Informatika RI ke Pembangunan Stasiun Bumi Satelit SATRIA di Kupang

Kupang, 24 Februari 2022 – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate meninjau lokasi pembangunan ruang kontrol satelit bumi mendukung operasional Satelit Multifungsi (SMF) Indonesia Raya 1 (SATRIA-1) di Bolok Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada kesempatan itu Menteri Johnny menyatakan, pemerintah selangkah lebih maju untuk mewujudkan jembatan angkasa Indonesia dengan SATRIA-1.

“Kini tengah dalam proses pabrikasi di Cannes, Prancis yang dikerjakan oleh Thales Alenia Space. Di Indonesia sejumlah aktivitas pun digelar. Salah satunya dengan pembangunan Satelit Stasiun Bumi yang akan ditempatkan di 11 lokasi yaitu Cikarang, Batam, Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manado, Manokwari, Timika dan Jayapura,” jelas Menteri Johnny saat meninjau lokasi pembangunan Ruang Kontrol Satelit Bumi SATRIA-1 di Jl. Dusun III, Kelurahan Bolok,Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Menkominfo didampingi Staf Khusus Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang; Kepala Biro Umum, Sensilaus Dore; Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Kupang, Latuse; dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi.

Menteri Johnny juga mengatakan, “BAKTI Kominfo dan PT Satelit Nusantara III juga melakukan pendekatan dengan pemerintah daerah dan tokoh-tokoh masyarakat di lokasi sekitar gateway. Hal ini untuk memberikan penjelasan mengenai manfaat-manfaat yang akan diterima secara langsung maupun tidak dengan adanya proyek Satria.”

Kedatangan Menkominfo itu disambut oleh Bpk. Johanes Indri, SVP Pembangunan Satelit SNT dan Bpk. Hary Nugaraha, SVP Pembangunan Ruas Bumi SNT yang turut mendampingi selama kunjungan itu berlangsung.

“Kami berharap bahwa pembangunan stasiun bumi di Kupang ini akan mendorong Indonesia menuju digital society dengan cara menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia yang selama ini terpencil dan tidak mendapatkan akses internet. Kupang merupakan daerah strategis yang potensial dan memiliki infrastruktur yang kami butuhkan. Kami juga berharap dengan gateway di Kupang ini akan mendorong kaum muda di Kupang untuk terjun ke dalam masyarakat informasi,” harap Senior VP Pembangunan Satelit PT SNT, Johanes Indri Priatmodjo.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.